^^

^^

Minggu, 19 Mei 2013

Kenangan bisa berubah?

Love Button, komik ringan tentang kisah cinta yang manis *komik kenangan buat lip

Apa itu kenangan? Coba lihat definisinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (blogger ngga usaha). Intinya sih kenangan itu ingatan akan sesuatu. Kalo kata komik Bokura Ga Ita, kenangan itu kumpulan ingatan. Entah ingatan kita akan seseorang atau momen saat bersamanya. Selama ini lip selalu percaya dengan sebuah kalimat yang menyatakan:

Kenangan itu ngga akan pernah berubah, seberapapun orang yang ada didalam kenangan itu berubah.

Maksud kalimat diatas ya walapun orang bia berubah sikap ke kita, tapi kenangan sama orang itu ngga akan berubah. Misalnya kalau ada orang yang tadinya perhatian banget ke kita terus tiba-tiba berubah sikap dan jaga jarak ke kita, mungkin kita bakal sedih dan menganggap orang itu jahat atau menyebalkan. Tapi apapun pendapat kita, tetap saja berbagai kenangan yang dulu pernah dilalui bersama, kalau indah tetap indah kalau sedih tetap sedih. Ngga akan berubah dan ngga bisa diedit.

Tapi Motoharu Yano (chara di Bokura Ga Ita) ngga pernah percaya sama yang namanya kenangan. Dia bilang dia cuma percaya apa yang dilihatnya, yang ada didepannya. Menurutnya, kenangan itu bisa berubah. Loh, kenangan kan kejadian yang udah berlalu, gimana bisa berubah? Sebenarnya bukan kenangan yang berubah, tapi ingatan kita akan kenangan itu. Yaa contohnya kasus tadi. Kalau tadinya kita selalu tertawa dan memiliki banyak kenangan indah dengan seseorang, lalu tiba-tiba orang tersebut memutuskan hubungan dengan kita, kenangan kita akan orang itu juga akan memburuk. Hal-hal indah yang pernah dialami bersama, jadi sesuatu yang menyakitkan kalau diingat. Makanya kenangan itu juga tergantung orang yang membuat kenangan itu juga.

Seandainya kita bisa memilih kenangan mana yang ingin kita ingat atau hapus, mungkin kita akan bahagia dengan hanya mengingat kenangan indah, tapi bukan begitu cara kerjanya. Kenangan itu seperti mesin waktu yang membekukan momen-momen kita bersama orang yang penting buat kita. Seandainya orang tersebut berubah, kita masih menyimpan kenangan saat-saat bersamanya dalam ingatan kita yang ngga bisa kita hapus. Entah kenangan yang menyakitkan atau menyenangkan.

Intinya sih jangan mempermasalahkan apakah suatu kenangan akan jadi baik atau pahit kalau orang didalamnya berubah. Motoharu juga bilang, kenangan ngga bisa diubah ngga bisa dihapus. Kita ngga mungkin membuat ulang masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah membuat masa depan yang lebih baik dari masa lalu. Jangan sampai kita kalah dengan masa lalu. Biarkan hari esok lebih baik dari hari kemarin. Bersyukur aja karena bisa hidup di dimensi waktu yg sama dengan orang tersebut dan membuat banyak kenangan dengannya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar