^^

^^

Rabu, 09 Mei 2012

Cara Mencintai

"Percayalah Yano, cara mencintaimu tidak pernah salah. Teruslah hidup dengan cara yang kau percayai..."

Sebuah petikan kalimat dari sebuah komik berjudul Bokura Ga Ita atau terbitan Indonesia adalah Here We Are. Kalimat ini entah kenapa membuat saya sempat beberapa kali berpikir. Kenapa mengatakan "cara mencintaimu tidak pernah salah"? Kalau begitu ada cara yang salah? Saya lalu berpikir seperti apakah cara mencintai yang benar dan yang salah itu...

Setiap orang punya pandangannya sendiri akan cara mencintai orang lain. Ada yang menganggap mencintai adalah bahagia bersama, ada juga yang hanya mencintai dengan menjaga dari jauh. Tentu saja saat mendefinisikan cara mencintai, tidak ada definisi yang pasti atau absolut.

Yano mencintai seorang gadis yang bodoh dan lebih tua darinya. Namun gadis bernama Nana itu masih saja berhubungan dengan mantan pacarnya yang kasar dan suka memukulnya.

Kalau melihat cerita diatas, banyak sekali nilai minus dalam cara mencintai. Orang di sekitar Yano selalu bertanya kenapa Yano mau mencintai Nana yang lebih tua darinya, dan juga dia adalah gadis bodoh yang tidak pandai menempatkan diri. Bahkan Nana masih saja punya hubungan dengan mantannya. Orang di sekitar Nana juga tidak pernah percaya kenapa Nana masih saja berhubungan dengan mantannya yang kasar bahkan suka memukulnya, bukankah cinta itu dibentuk dengan rasa sayang?

Banyak sekali sakit hati, kekecewaan, rasa terbuang dan perasaan dihianati yang terbentuk dari hubungan seperti Yano dan Nana. Ingin sekali memiliki cara mencintai yang tidak menyakiti. Ada keinginan untuk terus bersama dan melakukan hal-hal menyenangkan sampai akhir, tapi ada juga perasaan-perasaan diatas yang menusuk tajam. Namun tetap saja tak terpisahkan. Dan kembali, orang-orang akan bertanya kenapa.

Pada akhirnya hanya ada opini-opini masyarakat yang terbentuk. Tidak ada orang luar yang pernah mengerti bagaimana cinta mereka dibentuk dan dengan cara apa mereka mencintai. Yang mengerti tentu saja hanya mereka, orang-orang seperti Yano dan Nana yang sedang mencari "cara mencintai".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar